Pengantar Komputasi Cloud

  1. Pendahuluan

        Komputasi Cloud gabungan pemanfaatan teknologi komputer termasuk segala elemen yang berada didalamnya dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (inilah yang disebut awan) yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer- komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. Sistem cloud computing dikenal dengan sistem yang mendunia yang dapat membantu perusahaan atau sebuah organisasi dalam efisiensi penyimpanan data. kualitas vendor akan layanan cloud computing, ketersediaan internet yang dibutuhkan, dan masalah keamanan dan privasi seperti rentannya peretas atau hacker menjadi faktor- faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa layanan cloud computing.

 

  1. Pengantar Komputer Grid

         Grid computing adalah sebuah asosiasi sumber daya komputer dari beberapa domain administrasi untuk mencapai tujuan bersama dengan berbagai layanan kepada  pengguna. Dalam komputasi grid pengguna dapat mengakses sumber daya seperti, proses,  penyimpanan, data dan aplikasi dengan sedikit atau tanpa pengetahuan tentang lokasi fisik sumber daya dan teknologi yang mendasari digunakan.

Grid computing sebenarnya merupakan sebuah aplikasi pengembangan dari  jaringan komputer (network). Hanya saja, tidak seperti jaringan komputer konvensional yang berfokus pada komunikasi antar pirati (device), aplikasi pada Grid computing dirancang untuk memanfaatkan sumber daya pada terminal dalam jaringannya.

Grid computing biasanya diterapkan untuk menjalankan sebuah fungsi yang terlalu kompleks atau terlalu intensif untuk dikerjakan oleh satu sistem tunggal. Grid Computing (Komputasi Grid) merupakan salah satu dari tipe Komputasi Paralel, adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer terpisah secara geografis namun tersambung via jalur komunikasi (termasuk Internet) untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar.

Komponen-komponen Grid Computing antara lain :

  1. Gram (Grid Resources Allocation & Management)
  2. RFT/GridFTP (Reliable File Transfer/Grid File Transfer Protocol)
  3. MDS (Monitoring and Discovery Services)
  4. GSI (Grid Security Infrastructure)

Karakteristik Grid Computing :

  • Bersekala Besar ( Large Scale)
  • Distribusi Geografis
  • Heterogenitas
  • Resource Sharing
  • Multiple Administrations
  • Resource Coordination
  • Transparent Access
  • Dependable Access
  • Conssitent Access
  • Pervasive Access

 

  1. Virtualisasi beserta contoh

Virtualisasi adalah membuat sebuah simulasi dari perangkat keras, sistem operasi, jaringan maupun yang lainnya. Di bidang teknologi informasi, virtualisasi digunakan sebagai sarana untuk improvisasi skalabilitas dari perangkat keras yang ada.

Dengan virtualisasi, beberapa sistem operasi dapat berjalan secara bersamaan pada satu buah komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Di masa akan datang, teknologi virtualisasi akan banyak digunakan baik oleh perusahaan yang bergerak dibidang teknologi informasi maupun yang tidak murni bergerak di bidang teknologi informasi namun menggunakan teknologi informasi sebagai sarana untuk memajukan usahanya.

Contoh Virtualisasi antara lain :

  • VLAN -> Virtualisasi Network
  • RAID, LVM -> Virtualiasasi Storage
  • VirtualBox, VMware -> Virtualisasi OS

sumber :

  1. http://blog.lintasarta.net/article/5-kelebihan-dan-pertimbangan-menggunakan-sistem-cloud-computing-komputasi-awan/
  2. http://slideplayer.info/slide/2593332/
  3. http://dosen.gufron.com/artikel/pengertian-virtualisasi/8/
  4. http://www.academia.edu/5111326/GRID_COMPUTING_PAPER

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s