Kita Mencapai target

Hal pribadi dalam mencapai target yang sering saya temui adalah ketika saya focus terhadap apa yang menjadi pilihan saya, seperti pengalaman yang baru yaitu ketika saya berhasil menyelesaikan PI yang awalnya saya fikir akan selesai pada semester selanjutnya namun berhasil selesai pada semester tersebut, awalnya saya merasa tidak yakin terhadap penulisan saya sehingga malas untuk mengerjakan, tetapi setelah berusaha mengerjakan dan berhasil menyelesaikan PI yang saya targetkan pada semester 6.

Selain pada masa kuliah, hal yang menjadi target saya ketika masa sekolah adalah ketika pemilihan Jurusan (IPA/IPS) saya berhasil masuk IPA sesuai apa yang saya targetkan dengan usaha yang sesuai yaitu memperdalam bidang khusus didalam jurusan IPA tersebut.

Hal lain yang berhubungan dengan mencapai target adalah ketika menjadi mahasiswa saya harus mendapatkan IPK minimal 3,00 hingga saya berhasil, meskipun hanya lebih sedikit dari target tersebut saya berusaha untuk tidak mendapatkan nilai dibawah 3,00. Sehingga saya membuat target untuk nilai dari beberapa mata kuliah yang ada.

Selain dalam nilai salah satu yang menjadi target saya sekarang adalah bisa lulus dengan 8semester, ilmu yang cukup, dan nilai yang baik sehingga bisa menjadi modal untuk menghadapi dunia setelah lulus kuliah.

Dalam mewujudkan target diatas haruslah diperlukan perencaan yang matang baik dari segi fisik dan mental. Kiat-kiat yang harus dilakukan agar bisa mencapai target ini adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan Kita sudah sesuai dengan standar minimum

Untuk bisa lulus dengan jumlah 8 semester kita harus memenuhi beberapa syarat yang disediakan oleh universitas antara lain : sudah kursus dan workshop, sudah mengerjakan PI, IPK minimal 2.5, dan lain lain yang tertera pada syarat sidang.

  1. Fokuskan pada hal yang penting terlebih dahulu

Maksudnya adalah jika point 1 ada yang kurang/ belum tercapai, maka kita lakukan perbaikan pada hal yang kurang tersebut serta utamakan yang terpenting dan memiliki point terbesar.

  1. Jangan malas mencoba dan berusaha

Point ini adalah point yang sering sekali diingatkan namun sering pula dilupakan sehingga target yang ingin dicapai jadi terbengkalai dan tidak tecapai tepat pada waktu yang diingikan.

  1. Jangan menunda suatu pekerjaan

Point ini berkaitan dengan point 3 dimana ketika kita sudah malas mencoba dan berusaha pasti akan muncul keinginan untuk menunda pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan.

  1. Hadapi kendala

Hadapilah kendala yang ditemukan dalam mencapai suatu target dengan ikhlas dan sabar, jika kendala tersebut dapat dihadapi maka otomatis hasil dari target yang direncakan sudah dapat terlihat

Dalam mencapai target yang telah direncanakan diperlukan suatu usaha dan niat untuk memulainya, karna berhasil atau tidaknya target yang telah kita buat adalah kita yang menentukan. Meskipun target yang kita jalani banyak kendala hadapi saja sehingga kita berhasil menyelesaikan target yang telah kita buat sebelumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s