Sabar dan Ikhlas ( Revisi )

Pengalaman pribadi tentang sikap sabar dan ikhlas yang sering saya alami adalah ketika saya sedang berkendara. Didalam berkendara mungkin saja terjadi kesalah pahaman antara pengendara 1 dengan yang lain ( contohnya : masalah lampu sen ). Terkadang ada sebagian orang yang berkendara dengan emosi tinggi dan sedang terburu-buru ketika dia melakukan kesalahan terhadap saya maka saya akan sabar, karna saya selalu berfikir jika saya menjadi orang tersebut dan melakukan kesalahan yang sama dengan apa yang orang tersebut lakukan. Selain sabar didalam berkendara hal yang sering saya temukan adalah ketika saya berada diposisi emosi/marah disitu terkadang rasa sabar dapat menghentikan emosi yang saya keluarkan sehingga tidak merusak keadaan sekitar.

Selain dalam hal diatas sifat sabar yang sering saya alami adalah ketika saya bermain game. Kenapa didalam game harus sabar ? Game bertujuan untuk bersenang-senang dan menghibur diri ketika memiliki banyak masalah. Untuk game offline saya harus bersabar untuk mencopy/mendowload file game tersebut yang ukurannya tidaklah kecil, apalagi dengan kecepatan internet ataupun kouta seadanya. Sedangkan untuk game online saya sering bertemu dengan orang lain secara maya didalam game, nah ketika bermain sebagai team, salah satu teman kita tersebut melakukan kesalahan yang fatal dan tidak bisa dimaafkan, disitulah sifat sabar harus ditekankan agar saya tetap kepada tujuan awal bahwa game untuk menghibur diri. Selain terhadap sesama pemain game saya juga sering bersabar dengan koneksi yang saya miliki sehingga terkadang game tersebut mengalami lagging/patah-patah, sehingga mempersulit gerakan didalam game tersebut.

Untuk pengalaman tentang ikhlas yang sering saya lakukan adalah ketika saya membantu isi ulang oksigen yang cukup jauh tanpa meminta imbalan, atau sebagai mahasiswa hal yang sering dijumpai adalah ketika saya sudah mengerjakan sesuatu hal sebisa saya namun hasilnya tidak sesuai maka disitulah saya harus ikhlas dan menerima serta memperbaiki apa yang saya rasa kurang.

Selain kedua hal diatas pengalaman ikhlas lainnya yang sering saya alami adalah barang pribadi yang saya miliki rusak karna orang lain, karna jika saya tidak bisa menekankan sifat ikhlas itu sendiri akan merusak ikatan pertemanan/persaudaraan dengan orang tersebut.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s