Pengalaman Pribadi Mengenai Sikap Menghargai Orang lain

Menurut saya menghargai orang lain dapat disamaartikan dengan toleransi namun menghargai orang lain adalah bentuk umum dari toleransi. Menghargai orang lain merupakan salah satu cara agar kita dapat menjalin hubungan pertemanan dengan dunia luar, maksud dari menjalin hubungan pertemanan adalah ketika kita menghargai orang lain secara tidak langsung orang tersebut akan merasa bahwa kita bisa mengerti tentang kekurangan pada dirinya. Kitapun demikian pasti memiliki suatu kekurangan jika kita bisa menghargai orang lain otomatis kita akan di hargai orang lain.

Selain untuk menjalin hubungan pertemanan menghargai orang lain juga dapat menumbukan sikap tolong menolong didalam diri seseorang karna ketika rasa saling menghargai satu sama lain maka otomatis kita dapat saling tolong menolong didalam sesuatu hal. Contohnya ketika kita menghargai hasil jerih payah teman kita otomatis ketika kita kesusahan dalam hal tersebut dia akan membantu kita dengan apa yang dia bisa sehingga kita dapat melakukan apa yang sebelumnya kita tidak bisa.

Menghargai orang lain dapat dilakukan mulai dari hal kecil seperti menghargai keluarga dirumah, saudara, dan teman. Ketika rasa menghargai orang lain sudah muncul didalam diri kita maka kita akan mudah menerapkannya didalam dunia luar seperti dunia kerja, universitas, dan lain-lain. Semakin kita menghargai orang lain maka semakin kita dihargai oleh orang lain.

Banyak cara yang dilakukan agar kita dapat dikategorikan menghargai orang lain diantaranya :

  1. percaya dengan orang lain walaupun kita masih meragukannya setidaknya sebelum kita menemukan bukti bahwa pernyataan tersebut benar atau salah kita harus mempercayainya. Namun ketika pernyatan itu salah lebih baik kita bicarakan dengan orang tersebut secara perlahan sehingga dia tidak marah ataupun tersinggung.
  2. Tolong menolong, seperti sudah saya bahas sebelumnya tolong menolong dapat dikategorikan kedalam menghargai orang lain, karna dengan tolong menolong tersebut kita dapat saling mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dari masing masing orang. Karna kelebihan dan kekurangan masing masing orang berbeda tergantung lingkungan tempat dia berbaur.

Contoh yang paling sering dijumpai adalah ketika kita berbicara dengan orang lain baik dibawah kita, sebaya, ataupun dengan yang lebih dewasa dari kita. Kita harus memperhatikan dengan seksama atau setidaknya kita dapat menemui point-point penting dari apa yang dibicarakan orang lain. Jika orang tersebut meminta komentar maka kita harus berikan sebisa kita tentang apa yang dia bicarakan dengan kita.

Contoh lain adalah ketika guru/dosen berbicara secara langsung dengan kita sebaiknya kita perhatikan apa yang disampaikan, itu merupakan salah satu cara menghargai orang lain dalam konteks kehidupan sehari hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s