Bisnis Informatika skala kecil ( Warnet “Tsamara.NeT” )

Sekarang warnet dapat dikategorikan sebagai salah satu perusahan yang bergerak dan berkembang di dalam bisnis informatika berskala kecil, setiap warnet memiliki spesifikasi tersendiri mulai dari kecepatan akses internet, jumlah client yang tersedia, serta pelayanan yang ada pada masing masing warnet.

Pada warnet Tsamara.Net hanya menyediakan jasa sama seperti warnet lainnya yaitu untuk browsing, gaming, dan download. Dengan spesifikasi yang terhitung tertinggal namun warnet yang berada di lingkungan universitas dan rumah warga ini menjadi tempat usaha yang cukup menjanjikan. Warnet ini mendaftarkan speed hanya 3Mbps pada speedy, namun untuk jumlah client yang tersedia kecepatan akses cukup memadai. Spesifikasi yang dimiliki oleh masing masing computer pada warnet ini sebagai berikut :

  1. Operating System : Windows XP Professional Version 2002
  2. Processor : Pentium (R) Dual-Core
  3. RAM : 2GB
  4. Jumlah komputer : 10 Client + 1 Operator

Karna letak nya yang dikatakan cukup strategis warnet ini dapet menghasilkan <= Rp 250.000 perhari. Atau dapat dikatakan omset yang didapat dari warnet ini dalam kurun waktu 1 tahun adalah sekitar Rp 90.000.000. Walaupun dengan penghasilan tersebut warnet ini tidak menyediakan paket malam dikarnakan sedikit peminat untuk paket ini, sehingga pemilik dari warnet tersebut hanya memperkerjakan 1 orang karyawan.

Komentar :

Menurut saya jika berbicara dengan versi OS yang tersedia pada warnet tersebut tertinggal cukup jauh karna seperti kita tahu versi OS sekarang sudah mencapai versi windows 10 (meskipun masih terdapat bug), untuk spesifikasi lain masih tergolong cukup dikarnakan warnet tersebut hanya untuk browsing, game, dan download yang notaben nya tidak memerlukan spesifikasi tingkat atas seperti untuk multimedia dan animasi.

Untuk kecepatan akses pun termasuk standar, terbukti beberapa pengguna dapat streaming video sekaligus bermain game online dengan koneksi yang stabil tidak buffer(menunggu) untuk streaming video dan tidak lag (patah-patah) dalam bermain game. Untuk omset yang dihasilkan dari warnet tersebut cukup besar hal ini dikarnakan ruang lingkup dari warnet tersebut merupakan perumahan warga yang banyak anak-anak bermain game serta lingkungan universitas dimana banyak mahasiswa yang sekedar mencari data untuk keperluan kuliahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s