Cara membuat game Labirin dengan menggunakan Blender 2.71

Pertama kita buka software blender terlebih dahulu, jika sudah hapus object kubus yang ada pada layar editor. Untuk membuat game labirin kita akan menggunakan sebuah alas ( plane ) sebagai tembok dengan menggunakan shortcut shift + A -> pilih Mesh -> kemudian Plane, atur ukuran plane sesuai kebutuhan.

Bagi Plane menjadi beberapa bagian kotak-kotak kecil, hal ini bertujuan untuk menjadikan suatu jalan dan tembok dengan cara masuk ke edit mode ( shortcut tab ), kemudian gunakan shortcut W -> pilih subdivide -> atur banyak kotak yang ingin kita buat sebagai jalan yang digunakan dan sebagai dinding, agar terlihat perbedaan antara dinding dan lantai yang menjadi alas maka kita harus tinggikan dinding tersebut dengan menseleksi beberapa bagian, kemudian gunanakan shortcut E untuk membuat tembok dengan ukuran yang telah kita sesuaikan. Beri warna untuk lantai dan dinding yang agar perbedaan masing masing lebih jelas.

Tambahkan sebuah object yang akan menjadi pemain dengan cara tekan shift + A –> pilih Mesh -> kemudian cube ( untuk membuat object kubus sebagai pemain dari game labirin tersebut ). Jika object yang menjadi pemain telah dibuat kita akan membuat object tersebut dapat bergerak menggunakan sensor inputan keyboard. Rubah mode tampilan yang terdapat pada bagian pojok kiri bawah menjadi game logic. Pada bagian game logic tersebut terdapat 3 buah menu untuk membuat object bergerak yaitu sensor ( alat inputan ), controller ( logika untuk object ), dan Actuator ( pergerakan object ).

Pertama kita buat 4 buah sensor menggunakan keyboard yang berfungsi sebagai sensor maju (W) , mundur (S), kiri (A) dan kanan (D). Setelah ke 4 sensor telah dibuat kita akan membuat 4 buah Actuator dimana Actuator ini akan mempengaruhi pergerakan si object tersebut. Atur lokasi dan perputaran ( jika diperlukan ) agar membuat object bergerak. Jika sudah hubungkan titik – titik antara Sensor dan Actuator sehingga membentuk suatu garis.

Jika sudah dapat digerakkan sesuai arah yang kita inginkan maka kita akan atur kamera agar mengikuti object tersebut. Langkah awal untuk membuat kamera mengikuti object tersebut dengan cara seleksi object cube dan camera kemudian gunakan shortcut CTRL + P -> pilih object. Langkah terakhir adalah buat 1 buah object cube lagi dan letakkan dibagain akhir untuk membuat game restart jika mengenai object tersebut. Tambahkan 1 buah sensor masukan yaitu Colison untuk membuat game kembali ke permainan awal jika mengenai object pada bagian akhir.

Langkah selanjutnya adalah menjalankan game dengan cara pencet shortcut P , kemudian arahkan object yang menjadi pemain tersebut menuju jalan keluar.

 

 

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=My4nZcXZvA4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s